Sholawat Badar Beserta Lirik dan Artinya

Berikut adalah lirik lengkap Sholawat Badar dalam bahasa Arab dan artinya beserta transliterasinya dan terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Sholawat Badar: lirik dan Artinya-Kangtury

"Sholawat Badar" memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan peristiwa bersejarah dalam Islam, yaitu Perang Badar. Perang Badar adalah pertempuran pertama yang terjadi antara kaum Muslimin di Madinah dan kaum Quraisy dari Mekkah, yang terjadi pada 17 Ramadan tahun kedua Hijriyah (624 Masehi).
Sejarah Sholawat Badar Beserta Lirik dan Artinya


 

Asal Usul Sholawat Badar:

Sholawat Badar adalah salah satu bentuk tradisi Islam yang memperkuat iman dan kecintaan umat kepada Nabi Muhammad SAW dan mengenang perjuangan para sahabat dalam memperjuangkan agama Islam.

Perang Badar:

Perang Badar adalah pertempuran yang sangat penting dalam sejarah Islam karena kaum Muslimin yang jumlahnya hanya sekitar 313 orang berhasil mengalahkan pasukan Quraisy yang jumlahnya sekitar 1.000 orang. Kemenangan ini diyakini sebagai bukti pertolongan Allah kepada kaum Muslimin.

Karya Ulama:

Sholawat Badar diyakini pertama kali disusun oleh ulama Indonesia, yaitu KH. Ali Mansur dari Banyuwangi, Jawa Timur. Beliau adalah seorang ulama besar yang hidup pada abad ke-20 dan terkenal dengan karya-karyanya yang berisi pujian-pujian kepada Nabi Muhammad SAW. 

Makna dan keutamaan: Sholawat Badar berisi pujian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW serta menceritakan keberanian dan pengorbanan para sahabat Nabi dalam Perang Badar. Sholawat ini sering dibaca dalam berbagai acara keagamaan, seperti majelis dzikir, peringatan Maulid Nabi, dan berbagai pertemuan keagamaan lainnya.

Popularitas di Indonesia:

Di Indonesia, Sholawat Badar sangat populer dan sering dinyanyikan dalam berbagai kesempatan. Melodinya yang khas dan liriknya yang mendalam membuat sholawat ini mudah diterima oleh masyarakat luas. Selain itu, sholawat ini juga menjadi salah satu bentuk ekspresi kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. 

Sholawat Badar Lirik

Lirik Sholawat Badar sering kali diiringi dengan musik hadrah atau rebana dan dinyanyikan secara berkelompok, memberikan nuansa yang sangat khas dan menambah kekhidmatan dalam pembacaan sholawat. Secara keseluruhan, 


Berikut adalah lirik lengkap dari Sholawat Badar dalam bahasa Arab beserta transliterasinya dan terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Bahasa Arab:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيْنَا مُحَمَّدٍ يَا رَبَّنَا صَلِّ عَلَيْهِ

 صَلَاةَ اللَّهِ سَلاَمُ اللَّهِ 
عَلَى طهَ رَسُولِ اللَّهِ
 صَلَاةَ اللَّهِ سَلاَمُ اللَّهِ
 عَلَى يَسَ حَبِيبِ اللَّهِ

 تَوَسَّلْنَا بِبِسْمِ اللَّهِ 
وَبِالْهَادِي رَسُولِ اللَّهِ
 وَكُلِّ مُجَاهِدٍ لِلَّهِ
 بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اللَّهُ

 إِلَهِي سَلِّمِ الأُمَّةْ 
مِنَ الأفَاتِ وَالنِّقْمَةْ
 وَمِنْ هَمٍّ وَمِنْ غَمِّ
 بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اللَّهُ

Transliterasi:

Allahumma salli wa sallim 'ala nabiyyina Muhammad Ya Rabbana salli 'alayhi Salatallah salamullah 'ala Taha Rasulillah Salatallah salamullah 'ala Yasin Habibillah Tawassalna bi bismillah wa bil-hadi Rasulillah wa kulli mujahidin lillah bi ahli badri ya Allah Ilahi sallim al-ummah mina al-afati wa an-niqmah wa min hammin wa min ghammi bi ahli badri ya Allah

Arti lirik Sholawat Badar

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada Nabi kami Muhammad Ya Tuhan kami, limpahkanlah rahmat kepadanya 

Rahmat Allah, kesejahteraan Allah 
kepada Taha Rasulullah 
Rahmat Allah, kesejahteraan Allah 
kepada Yasin Kekasih Allah 

Kami bertawassul dengan nama Allah 
dan dengan petunjuk Rasulullah 
dan setiap pejuang demi Allah 
dengan penduduk Badar, ya Allah 

Ya Tuhanku, selamatkanlah umat ini 
dari segala musibah dan bencana 
dari kesedihan dan dari kegundahan 
dengan penduduk Badar, ya Allah 


Lirik ini menggambarkan pujian dan doa yang ditujukan kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, serta permohonan perlindungan melalui tawassul (perantara) para pejuang Perang Badar. Sholawat Badar sering dibacakan dalam berbagai acara keagamaan untuk memohon berkah dan keselamatan.
Link copied to clipboard.